Saturday, June 7, 2008

Griya Konco Dwipayana

Griya Konco Dwipayana merupakan tempat persembahyangan tiga agama; Hindu, Budha dan Konghuchu. Griya ini berlokasi sekitar 10 km ke arah selatan kota Denpasar, di kawasan Hutan Mangrove, Suwung. Terdapat tiga bangunan utama di Griya Konco ini (yang juga dikenal sebagai tempat persembahyangan Tri Dharma) yaitu masing-masing merupakan tempat persembahyangan umat Budha (Gedung Budha), umat Konghuchu (Gedung Konghuchu) dan umat Hindu (Padmasana).
Griya ini paling ramai dikunjugi saat perayaan imlek. Bersebelahan dengan Griya Konco Dwipayana, terdapat Pura Candi Narmada, sehingga menyebabkan kawasan ini juga ramai pada saat bulan purnama, karena umat Hindu disamping bersembahyang di Pura Candi Narmada juga bersembahyang di Griya Konco Dwipayana ini. Demikian juga pada saat perayaan Hari Raya Saraswati (yang merupakan hari raya turunnya ilmu pengetahuan) yang dirayakan setiap Sabtu Kliwon wuku Watugungung (berdasarkan penanggalan kalender Bali).
Daya tarik Griya Konco ini terletak pada bentuk bangunan yang khas oriental serta kesenian barongsai yang ada di sana. Juga terdapat patung Dewi Kwan Im begitu masuk di pelataran tengah Griya Konco. Getar kerukunan antar agamapun terasa menyejukkan.
Kebudayaan Cina memang banyak berpengaruh di Bali. Di samping banyaknya tempat persembahyangan yang merupakan perpaduan Hindu dan Cina (seperti di Pura Giri Putri, Nusa Penida, di salah satu sudut terdapat Pura dengan patung Dewi Kwan Im), juga penggunaan uang kepeng ('pis bolong' dalam Bahasa Bali - uang Cina dengan lubang di tengah) yang digunakan sebagai pelengkap sesajen.

1 comment:

Maju Jaya Persada said...

ati...ati itu patung ada penunggunya jangan deket...deket nanti bisa item lhoooo...heheh khan sayang cantik-2 jadi item.mending baca-2 budiheryanto.blogspot.com aja heheheheh justkiding ya