Saturday, May 3, 2008

Field trip

Hari Kamis kemarin saya dan beberapa teman mengantar mahasiswa yang mengambil mata kuliah Genetika Tumbuhan, Pemuliaan Tanaman dan Hortikultura pergi field trip ke Candi Kuning, Bedugul. Kami mengunjungi kebun hortikultura Sila Artha milik Bp. Wayan Widia. Beliau adalah pengusaha sukses di bidang supplier sayur, buah, bunga dan produk makanan segar lain ke hotel-hotel dan supermarket di Bali.
Saat ini yang dikembangkan di kebun beliau adalah tanaman bunga potong (krisan dan lili), sayuran (bok coy, lettuce, iceberg lettuce), herb (rosemary, oregano dan basil) dan budi daya strawberi. Beliau juga mengembangkan paprika secara hidroponik. Di kebun beliau juga terdapat pembibitan tanaman hias seperti Begonia, Euphorbia, Phylodendron dan banyak yang lainnya.
Selain mendapat informasi tentang budidaya tanaman hortikultura serta usaha ke arah persilangan atau pemuliaan tanaman hias, kami juga mendapat 'kuliah gratis' dari Pak Widia tentang kewirausahaan. Menganalisis keadaan pasar merupakan salah satu kunci sukses Pak Widia di samping membina hubungan baik dengan petani lainnya dan dengan konsumen. Networking dengan dinas, penyedia bibit dan berorganisasi juga disarankan oleh Pak Windia jika ingin terjun menjadi pengusaha produk hortikultura, dan tentu saja penguasaan ilmu yang baik.
Melihat kesuksesan Pak Widia, para mahasiswa menjadi sangat antusias bertanya dan ingin mengikuti jejak beliau. Setelah acara diskusi, tentu kami tak lupa berfoto-foto.... dan membeli bibit bunga!!!

No comments: